Dahsyatnya MOTIVASI


 

Arti dari MOTIVASI

      Sebelum kita membahas pentingnya motivasi, ada baiknya kita mencari tahu pengertian dari motivasi. Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan. Dalam kehidupan sehari-hari yang penuh dengan kegiatan perlu adanya motivasi agar kegiatan itu berjalan dengan lancar sesuai keinginan dan mendapatkan hasil yang maksimal. Motivasi merupakan dorongan untuk melakukan sesuatu. Dengan adanya motivasi kinerja kegiatan akan terlihat apakah kita bekerja maksimal atau tidak dan tentunya akan berdampak hasil yang didapat. Banyak sekali faktor-faktor yang membuat kita menjadi malas dalam melakukan sesuatu. Misalnya dalam melakukan pekerjaan kita mendapat upah kecil, sedangkan usaha yang kita berikan kepada perusahaan sangat besar sehingga membuat kita tidak semangat lagi untuk bekerja di perusahaan itu. Kegagalan yang kita dapatkan saat nilai ujian kita jauh dari hasil yang ingin kita capai, membuat mahasiswa itu tidak bersemangat lagi dalam menjalani perkuliahan.c

Pentingnya MOTIVASI

         Motivasi pada prinsipnya harus dimiliki oleh setiap manusia. Pentingnya motivasi dalam hal ini dapat dilihat sebagai berikut :
  1. Intern Individu merupakan faktor dalam diri individu sendiri yang dapat memotivasinya dirinya sendiri untuk melakukan sesuatu dengan munculnya semangat baru. Faktor-faktor tersebut diantaranya.
  2. Kebutuhan, kebutuhan merupakan segala sesuatu yang tak pernah lepas dari manusia dan kebutuhan tersebut harus dipenuhi. Dengan adanya banyak kebutuhan membuat seseorang terdorong dalam melakukan suatu pekerjaan. Hal tersebut guna untuk mencukupi kebutuhannya serta mengumpulkan dana atau harta saat keluar kerja di masa mendatang tidak mengalami kesusahan. Hal ini cukup membuat motivasi seseorang terdorong mengingat kebutuhan tak akan ada habisnya.
  3. Harapan, setiap orang tentu mempunyai harapan yang beragam. Harapan akan mendapatkan sesuatu mendorong kita untuk melakukan suatu kegiatan. Sebagai contoh harapan untuk mendapatkan undian besar pada Bank, yang membuat diri seseorang untuk meningkatkan saldo, serta harapan untuk sukses di masa depan dengan dorongan atau motivasi bekerja keras untuk meraihnya.
  4. Kepuasan, kepuasan adalah perasaan emosional seseorang setelah melakukan suatu kegiatan. Terkadang seseorang termotivasi untuk melakukan sesuatu karena ada hal yang ingin di capainya. Semisal jabatan yang tinggi akan menjadi suatu kebanggan dalam diri sendiri, sehingga seseorang akan terpacu untuk meraihnya.
        Motivasi merupakan masalah yang kompleks dalam organisasi karena kebutuhan dan keinginan setiap anggota organisasi adalah berbeda-beda. Dan berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula. Berangkat dari hal tersebut, Training77 memberikan solusi agar rekan kerja, keluarga, siswa, karyawan, bahkan pimpinan, mampu menjaga MOTIVASI mereka dalam melakukan aktifitas. Training77 memberikan jasa pelatihan indoor maupun outdoor yang berguna menumbuhkan motivasi ini. Silahkan dapat klik disini untuk dapat konsultasi lebih lanjut. 

Posting Komentar

0 Komentar