Training Of Trainers (TOT) Ajang untuk Bermain Peran (Role Play) di Kampung Dolanan Sidowayah

Apabila sebuah rancangan yang kita bangun telah jadi, kita harus mampu mengelola dan menjaga rancangan tersebut. Dibutuhkan juga pemahaman akan manajemen untuk pengembangan rancangan yang kita bangun. Begitu pula dalam pembangunan Kampung Dolanan di Sidowayah Klaten ini. Untuk menunjang pengelolaan yang baik, dibutuhkan SDM yang mampu memberikan kontribusi yang aktif dan positif untuk perkembangan kampong dolanan ini. Oleh karena itu, beberapa hari yang lalu, tepatnya hari sabtu, 30 Juli dan selasa 2 agustus 2016, Training77 melaksanakan TOT (Training Of Trainers) sebagai persiapan fasilitator Kampung Dolanan di Sidowayah.



TOT atau singkatan dari Training Of Trainer dalam bahasa Indonesia berarti Pelatihan untuk Pelatih. Definisi secara luasnya adalah adalah pelatihan yang diperuntukkan bagi orang yang diharapkan setelah selesai pelatihan mampu menjadi pelatih dan mampu mengajarkan materi pelatihan tersebut kepada orang lain. Training77 yang merupakan provider pelatihan indoor maupun outdoor berupaya untuk berbagi pengalaman dalam bidang outbound dan pelatihan anak berupa pengetahuan dan keterampilan training yang kami miliki sehingga calon fasilitator Kampung Dolanan Sidowayah menjadi cakap dan terampil dalam meng-hendle permainan yang akan diberikan untuk anak-anak.




Lokasi TOT di rumah joglo yang akan menjadi pendopo khusus bagi pengunjung Kampung Dolanan Sidowayah. Pelaksanaan TOT pun berlangsung dengan baik dan lancar. Sasaran peserta TOT ini yaitu warga Desa Sidowayah, mahasiswa Stipram Jogja yang sedang magang di Desa Sidowayah, dan mahasiswa KKN UII. Materi TOT tidak banyak, hanya sepintas tentang pentingnya membudayakan permainan tradisional, kemudian dilanjut pengertian, manfaat outbound dam cara meng-handle outbound, serta pemaknaan adanya sebuah permainan untuk anak-anak. Metode TOT lebih banyak dilakukan dengan praktek ke lapangan. Berbagai ice breaking, energizer, permainan anak, serta permainan dolanan diberikan oleh trainer Training77. Setelah trainer melakukan simulasi, peserta kemudian role play (permaianan peran), artinya peserta langsung mempraktekkan materi yang disimulasikan oleh trainer Training77. Dengan adanya role play ini peserta training yang notabene adalah calon fasilitator Kampung Dolanan Sidowayah dapat lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum, serta menghafal setiap instruksi maupun gerakan dari permainan anak yang dijelaskan trainer TOT.

Baca juga: Katalog Outbound Kids Training77

Masih ada beberapa hari untuk Launching Kampung Dolanan Sidowayah yang rencana akan dilaksanakan bulan agustus ini. Sehingga kesiapan segala hal terutama SDM tidak boleh dipandang sebelah mata. Butuh proses dan jam terbang yang tinggi untuk dapat langsung menguasai setiap permainan anak dan ice breaking/energizer yang diberikan trainer. Dengan berbekal usaha, semangat, dan kerja keras kita yakin, kita bisa, kita berhasil, dan kita sukses.

#kampungdolanansidowayah
sebuah masa yang tidak bisa dibeli dan terganti

Office Training77

 Perum Citra Indah Blok U.12 Merbung, Klaten, Jateng, Indonesia
Telp. (0272) 325647 Hotline / WA : 0852.9228.6625
www.Training77.com Email : infotraining77@gmail.com
Fb : Wisata Outbound | Twitter : @infotraining77 |Pin BB : 5B4EA4B8
Instagram : infotraining77





Posting Komentar

0 Komentar