Kemegahan Masjid Agung Al Aqsha Klaten menjadi Icon Warga Klaten| FAKTA 77 | TRAINING77 | OUTBOUND KLATEN | OUTBOUND MURAH


Kemegahan Masjid Agung Al Aqsha Klaten


Masjid Agung Al-Aqsha berlokasi di Jl. Jogja – Solo, Peraksangkal, Jonggrangan, Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57435. Tidak jauh dari GOR gelarsena klaten dan dekat POM bensin Jonggrangan.
Masjid Agung Al-Aqsha merupakan masjid agung di kabupaten Klaten yang dibangun di atas lahan seluas 5.266 meter persegi sejak tahun 2012 pada masa atau era pemerintahan Bupati H. Sunarna, S.E, M.Hum tetapi baru dirampungkan dan digunakan secara regular di era pemerintahan bupati Sri Hartini.
Lahan tempat masjid Agung Al-Aqsha Klaten ini berdiri dulunya adalah terminal Bus utama di Klaten sedangkan lahan parkir dan tamannya dulunya merupakan salah satu gedung SMA Negeri 3 Klaten. Terminal Bus Utama Klaten kemudian dipindahkan ke dekat stasiun klaten.

Masjid Agung Al-Aqsha ini sekarang menjadi masjid terbesar dan termegah di kawasan Soloraya dan menjadi kebanggaan atau ikon warga Klaten.
Masjid Agung Al-Aqsha mempunyai tiga lantai yang dilengkapi dengan taman dan tempat parkir yang cukup luas, dan juga dilengkapi dengan menara setinggi sekitar 66.66 meter yang jika nanti sudah selesai juga akan dilengkapi dengan menara pandang diketinggian sekitar 35 meter. 
Pembangunan Masjid Agung Al-Aqsha Klaten secara keseluruhan dibangun selama kurang lebih empat tahun anggaran yaitu mulai tahun 2012 sampai tahun 2015 dengan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Klaten sekitar Rp 60 miliar.
Pembangunan tahap I pada tahun 2012 membutuhkan dana Rp 9,5 miliar, tahap II pada tahun 2013 membutuhkan dana Rp 27,9 miliar, tahap III pada tahun 2014 membutuhkan dana Rp 11,3 miliar dan tahap IV pada tahun 2015 membutuhkan dana Rp 11,3 miliar.
Pada tanggal 24 Nopember 2015, Bupati H. Sunarna, S.E, M.Hum secara formal meresmikan masjid agung Al-Aqsha. Walaupun saat peresmian proses pembangunan masih berjalan karena proses pembangunannya yang memang belum selesai 100%, termasuk juga pembangunan menaranya yang masih dalam proses pembangunan.
Acara peresmian Masjid Agung Al Aqsha Klaten diselenggarakan dalam acara tausiyah tasyakuran dengan pembicara Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Dr. KH. Said Agil Siraj, M.A. dan mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Din Syamsudin, M.A.
Sumber : visitKlaten.com
#wisataklaten
#wisatabaruklaten
#MasjidAgungAlAqshaKlaten
#klaten
#training77
#fakta77

Posting Komentar

0 Komentar