Wisata Edukasi dengan Sampah Bekas di Gardu Action Parangtritis

      Mayoritas orang ketika mendengar kata “Gardu” tentu yang terlintas dalam benaknya yaitu sebuah bangunan mungil, layaknya pos kampling berisi sebuah tikar dan televisi. Namun berbeda dengan Gardu Action yang terletak di pinggi pantai Parangkusumo ini, disini merupakan tempat wisata baru di Yogyakarta. Sebuah lokasi menarik untuk anak hits Jogja dan sekitarnya untuk menikmati wisata yang mengandung unsur edukasi. Gardu Action ini masih terbilang baru. Mula terbentuknya yaitu dari bank sampah yang diolah oleh pemuda desa kemudian digunakan untuk tempat bersantai, berekspresi, berkreasi, juga berimajinasi. Mereka adalah pemuda di sekitaran Pantai Parangkusumo yang di bantu oleh staff desa, hingga terwujudlah Gardu Action ini.

     Lokasi tepatnya dari Garcu Action ini yaitu di Pinggiran Pantai Parangkusumo. Dari Jogjakarta arah kan kendaraan menuju Jl.Parang Tritis kemudian ikuti jalan tersebut yang mengarah ke selatan hingga melewati TPR Pantai Parangtritis, 500 meter kemudian ada pertigaan yang mengarahkan ke Pantai Parangkusumo maka ambil ke arah kanan. Setelah jalan 1 kilometer ada pertigaan ambil kekiri, 15 meter dari belokan tersebut aden dan enon sudah sampai di Gardu Action.


      Kekhasan dengan barang daur ulang hasil kekreatifan para pemuda ini menjadi keunikan tersendiri untuk tempat ini. Disinilah salah satu lokasi asik untuk menenangkan diri dari kebisingan suara kendaraan. Gardu Action inilah yang mempersembahkan berbagai benda – benda unik nan menarik dari bahan limbah juga sampah. Dari celah pepohonan kami dapat merasakan sejuknya udara Pantai Parangkusumo dengan segelas air lemon tea. Disini berbagai hal bisa dilakukan,karena ada camping ground selayaknya tempat untuk berkemah, cafe outdoor dengan susunan kayu-kayu nan ciamik, miniatur tanaman terasiring, bermain ayunan dan melihat indahnya senja, memesan beberapa menu makanan, bahkan belajar mengolah sampah menjadi benda bermanfaat.
Source : c

      Saat senja tiba, panorama langit dengan gradasi warna khasnya menjadi suguhan penutup kunjungan. Matahari yang bersiap kembali ke peraduan pun menyisakan cahaya remang-remang dan membuat semua objek di sekitar kawasan pantai berubah menjadi siluet kehitaman. Sementara seorang nelayan terlihat masih bersemangat menebar jala di tepian pantai, kami lebih memilih untuk segera beranjak pulang.
      Yogyakarta selalu menyimpan keindahan disetiap sudut. Hanya dengan bermodal barang-barang bekas, tempat indah penuh dengan edukasi dapat tercipta. Mengenalkan anak sejak dini akan pemanfaatan barang-barang bekas mungkin bisa menjadi alternatif memilih tempat ini. Ada yang belum pernah ke Gardu Action ini? Wahh yukk set ulang jadwal Anda bersama Training77 untuk berwisata edukasi serta dapat mendokumentasikan momen bersama keluarga, teman, serta komunitas Anda di Gardu Action Parangtritis.

HUBUNGI KAMI : TRAINING77
Office : Perum Citra Indah Blok U.12 Merbung, Klaten, Jateng, Indonesia
Telp. (0272) 325647 Hotline / WA : 0852.9228.6625
www.Training77.com Email : infotraining77@gmail.com
Fb : Wisata Outbound ! Twitter : @infotraining77 ! Pin BB : 5B4EA4B8


Instagram : infotraining77


Posting Komentar

0 Komentar