Body Rafting and Outbound Road to Exam Sri Gethuk

Mengamati perilaku anak-anak dalam menghadapi ujian bermacam-macam. Ada yang biasa-biasa saja, ada yang santai tapi ada yang cemas. Apapun sikap anak di dalam menghadapi ujian, semua berpulang ke anak sendiri bagaimana mempersiapkan menghadapi Ujian Sekolah. Untuk mengurangi ketegangan tersebut Komite Kelas V SD Muh Tonggalan membuat kegiatan liburan sekaligus refreshing sebelum ujian ahir sekolah dimulai.


Kegiatan refreshing yang dikemas dalam outbound and body rafting ini dilaksanakan di Air Terjun Sri Gethuk Wonosari, Gunung Kidul,Yogyakarta, pada hari sabtu 28 Mei 2016. Peserta yang berjumlah 60 anak ini yang merupakan kelas 5 SD Muh Tonggalan ini akan melaksanakan Ujian Ahir Sekolah pada hari seninnya. Teaching point dari kegiatan ini hanya sekedar bermain-main, senang-senang, menikmati alam, membangun keakraban, sehingga pikiran menjadi fresh. Hati dan jiwa kita terkadang cepat lelah, karena rutinitas yang kita lalui, untuk itu refreshing atau liburan dibutuhkan agar manusia dapat menyegarkan kembali fikirannya.


 



Tot tot toot.. Bis POLDA DIY yang mengantarkan rombongan sampai di parkiran Goa Rancag tepat pukul 08.30 WIB. Nyamannya menggunakan bis ini sehingga perjalanan Klaten-Wonosari Jogja dapat ditemput 1,5jam melalui rute Prambanan-Piyungan-Wonosari. Sesampainya dilokasi peserta beristirahat sebentar sembari mempersiapka diri untuk mengkuti burning dan pemanasan. Kemudian dilanjut dengan foto-foto sebagai dokumentasi wajib bagi peserta. Momen yang mungkin bisa dikatakan langka bagi peserta untuk berkumpul bersama di sini, sehingga tim Training77 memberikan fasilitas lengkap untuk foto-foto, dari mulai pernak-pernik photo booth, backdrop Training77, instagram dan facebook photo booth lengkap disediakan.


Lepas foto-foto peserta mengikuti burning, dengan dipandu oleh Kak Surya dan Kak Isna. Menyanyi bersama, tepuk tangan, goyang pinggul, lompat badan menjadi hal wajib dilaksanakan untuk mencairkan suasana. Terlihat peserta tertawa asik bergandengan tangan dengan temannya, mengikuti instruksi dari Kak Surya dan Kak Isna. Hingga ahirnya terbentuk menjadi 4 kelompok besar yang terdiri dari 15 anak dengan satu pendamping dari guru. Membuat yel-yel sebagai penyemangat dalam berkompetisi di POS yang anti akan dilalui.

 

 

 
  
Aktifitas selanjutnya yaitu trecking menyusuri Goa Rancang, hutan-hutan jati, sawah, dan ladang milik petani setempat. Kurang lebih 1 kilo sampailah peserta di POS 1 untuk mengikuti game Rollet dan Hulahop. Yang disusul POS 2 dengan game moving ball dan blind leader. Di POS-POS inilah peserta bersama-sama belajar membangun kerjasama tim yang baik, belajar kekompakan, belajar akan strategi dan komunikasi, dan belajar untuk berproses menerima hasilnya dengan lapang dada. Terlihat semangat dan antusias mereka sesekali tertawa bersama sambil becanda dengan instruktur Training77 maupun bapak ibu guru yang mendampingi.

 

 


 

Hingga waktu pukul 12.00 WIB, peserta turun untuk istirahat menikmati sajian dari Wonosari, cenil, combro, kacang, dan es teh. Hanya beberapa menit saja untuk istirahat peserta langsung menuju ke Air Terjun Sri Gethuk. Secara bergantian peserta memakai pelampung. Rasa lelah cape trecking panjang, dan outbound terbayar sudah setelah menikmati indahnya air terjun, serta sejuknya sungai dibawahnya. Satu persatu ‘nyemplung’ ke sungai, tidak tampak wajah takut dari mereka. Dari 60 peserta hanya sebagian kecil yang tidak ikut body rafting ini. Mereka yang tidak ikut body rafting menggunakan fasilitas kapal yang telah disediakan. Peserta saling bergandengan tangan di sungai, berenang bersama, dan mengapung diatas sungai di sri gethuk mengikuti arus hingga sampai di tepi sungai diujung air terjun. Kurang lebih setengah jam waktu yang digunakan untuk body rafting ini. Dengan dibantu 5 orang tim dari sri gethuk, peserta mengikuti setiap instruksi dari instruktur sana. Sehingga proses body rafting berjalan dengan lancar.



Selesai aktifitas body rafting peserta membersihkan diri, shalat, serta makan siang. Di akhir sesi, peserta saling memberikan kado kepada temannya sebagai simbol persahabatan yang telah terukir selama 5 tahun di SD Muh Tonggalan. Suasana haru mulai terasa, saat mereka memberikan kado tersebut, karena tidak hanya asal memberikan akan tetapi mereka saling mengucapkan terimakasih atas pertemanan yang sudah dibangun selama ini, serta saling mendoakan untuk harapan, cita-cita serta  ujian yang akan mereka hadapi, ini yang menandakan adanya kepedulian (empati) kesetiakawanan, dan keikhlasan diantara mereka. Kami pun berharap, semoga apa yang telah kita laksanakan ini mampu membawa banyak pengaruh yang positif untuk perkembangan sosial, emosi, serta akademis dari siswa-siswa kelas 5 SD Muh Tonggalan Klaten. Amiin Allahuma Amiin..

HUBUNGI KAMI : TRAINING77
Office : Perum Citra Indah Blok U.12 Merbung, Klaten, Jateng, Indonesia
Telp. (0272) 325647 Hotline / WA : 0852.9228.6625
www.Training77.com Email : infotraining77@gmail.com
Fb : Wisata Outbound ! Twitter : @infotraining77 ! Pin BB : 5B4EA4B8


Instagram : infotraining77












Posting Komentar

0 Komentar