"We Care We Share" MOS SD Muh Tonggalan di Pulesari

MOS merupakan langkah awal masa pengenalan bagi siswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengetahui lebih dalam tentang teman seperjuangannya, serta mampu membawa diri mereka mengikuti kegiatan pembelajaran. Kegiatan MOS ini pula dilaksanakan rutin setiap tahun oleh SD Muh Tonggalan Klaten. Adapun event MOS tahun 2015 kemarin di Pakem. Untuk event yang dilaksanakan dan bekerjasama kembali dengan Training77 ini dilaksanakan di Turi pada hari kamis, 5 Mei 2016.



Beradaptasi dengan lingkungan yang baru menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk siswa baru. Seringkali karena kendala bahasa, psikis anak yang tidak nyaman dengan kehadiran orang baru, guru yang grogi dan gugup, atau malah terlalu percaya diri membuat pertemuan pertama di sekolah menjadi kacau. Gagal menampilkan kesan pertama biasanya berbuntut panjang di kemudian hari. Anak-anak menjadi malu, segan, atau bahkan takut karena kesalahan metode saat pertemuan pertama dengan guru barunya. Dengan mengangkat tema kegiatan "We Care We Share" diharapkan selepas dari kegiatan outbound MOS ini siswa-siswi SD Muh Tonggalan mampu menumbuhkan sikap keberanian, kemadirian, kepedulian peserta dengan sesama, sehingga sikap tolong menolong atau membantu menjadi suatu hal yang ringan dilaksanakan peserta. 

Desa Wisata Pulesari yang terletak di Dusun Pulesari Desa Wonokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman ini menyajikan nuansa wisata alam dan budaya tradisi yang kental sehingga kegiatan yang dilaksanakan banyak berhubungan dengan alam (menyesuaikan peserta). Dari mulai memasuki Desa Pulesari kita diperlihatkan kanan kiri yang dikelilingi kebun salak yang rindang, home stay, dan penduduk yang ramah.

  

Kegiatan MOS SD Muh Tonggalan ini diawali dengan burning untuk mencairkan suasana. Hal unik dan baru yang kita berikan untuk kegiatan kali ini yaitu adanya sebuah photo booth instagram dan facebook dibuat untuk menambah meriah kegiatan outbound ini. Sebelum burning satu per satu setiap kelompok berfoto narsis dengan photo booth tersebut. Selain itu, ada pernak pernik fun prop photo booth bertuliskan aneka macam kata inspiratif seperti : Kita Bisa, Kita Berbagi, Semangat, Juara, Happy Holiday, Anak Solih, Anak Solihah, dan lain-lain, mampu menambah meriah kegiatan MOS SD Muh Tonggalan ini.

Selepas foto-foto narsis, seluruh peserta berkumpul membentuk lingkaran besar dipandu oleh Kak Hani dan Kak Ricky untuk burning memainkan senam penguin dance. Pada awal mengikuti burning ini, terlihat sekali ekspresi suasana hati adik-adik masih malu-malu, sungkan, dan kebingungan. Hal ini wajar, karena mereka baru pertama kali ini bertemu, berkumpul, serta mengikuti kegiatan bersama. Akan tetapi, saat selesai burning dan mulai memainkan game-game ketangkasan dan kerjasama (game di darat), terlihat berbeda, antusias, semangat, dan keceriaan mulai muncul diwajah lugu mereka. Berbagai sikap dan tingkah laku bapak ibu guru pendamping yang mengikuti game ketangkasan dan kerjasama, mengundang gelak tawa, riang canda, dan keseruan di game darat ini.

                          

Ada game di darat, berarti ada game di air juga. Yak, lepas game darat selesai, peserta rehat sebentar, sambil memakan snack yang disediakan, kemudian secara bergantian dua kelompok masuk menuju ke jembatan goyang. Tantangan awal lumayan menegangkan, tetapi dari 100 peserta yang mengikuti outbound ini tidak ada satu pun yang takut dengan rintangan awal ini. Wah salut dengan semangat dan keberanian adik-adik SD Muh Tonggalan. 
Lepas jembatan goyang, peserta langsung menuju ke tangkap ikan dan jembatan bambu. Suasana ceria kembali hadir di wajah mereka. Main air sambil mencari ikan menjadi hal yang seru dan menarik bagi anak-anak. Walaupun ada yang tidak dapat ikan, tetapi peserta yang lain saling membantu menangkapkan ikannya. Tingkatkan terus semangat gotong royongnya ya dik..

  
 

Selanjutnya peserta dibawa menuju sungai di Desa pulesari, lalu menyusuri sungai sepanjang kurang lebih 2 km. Tantangan selanjutnya, saat menyusuri sungai, peserta dihadapi dengan berbagai rintangan yang harus dilewati. Rintangan tersebut antara lain : Vertikal Web, Hujan Buatan, Tangga One Pendek, Merangkak Ban diatas Air, Merangkak di bawah Jaring Laba-laba, dan Tangga Air Two Panjang. Riuh semangat dan antusias peserta kembali terlihat saat mereka memasuki sungai. Main ‘ciprat-ciprat’ air, becanda dengan teman lainnya, becanda dengan guru, dan becanda dengan tim instruktur dari Training77 menandakan tidak ada rasa canggung dengan teman lainnya. Berpegangan tangan saat menyusuri sungai, menolong teman yang jatuh karena medan yang susah, memberi semangat saat teman yang lain sedang melaksanakan tantangan menjadi nilai lebih bagi perkembangan kepribadian peserta, dan mengajarkan kepada peserta bahwa hidup kita harus dibiasakan untuk gotong royong, saling membantu, berempati, dan berbagi semangat untuk menggapai impian yang mereka harapkan kelak.

 

Diahir kegiatan MOS, diumumkan juara tim kelompok, pembagian hadiah, serta pengumuman untuk pangeran tersolih dan putri tersolehah. Dengan adanya kegiatan MOS ini kami berharap banyak hal-hal positif yang bisa peserta dapatkan, serta mampu menambah semangat, keberanian dan kemandirian peserta saat sudah masuk ke bangku SD. Terimakasih banyak atas kepercayaan yang diberikan SD Muh Tonggalan Klaten kepada tim Training77 sehingga kami diberi kesempatan kembali menghendle event ini. Kami selalu menjaga kepercayaan dari klien, dan mengupayakan memberikan fasilitas yang tidak hanya menyenangkan, asik, seru, tetapi juga menginspirasi dan menambah value yang didapatkan peserta. Semoga banyak manfaat dan barokah yang bisa kita dapat dari kegiatan MOS SD Muh Tonggalan pada tahun ini. Sukses selalu untuk kita semua.. Amiin..


TRAINING77
Office : Perum Citra Indah Blok U.12 Merbung, Klaten, Jateng, Indonesia
Telp. (0272) 325647 Hotline / WA : 0852.9228.6625
www.Training77.com Email : infotraining77@gmail.com
Fb : Wisata Outbound ! Twitter : @infotraining77 ! Pin BB : 5B4EA4B8


Instagram : infotraining77








Posting Komentar

0 Komentar