Menuju Desa Wisata Klepu


Untuk mencapai sebuah kemajuan butuh pandangan-pandangan baru dan informasi baru. Aktivitas studi banding dengan datang ke desa lain yang lebih maju dalam hal-hal tertentu menjadi sangat penting bagi para perangkat desa yang sedang berupaya membangun desa wisata. Untuk membuka pola pikir dan kunci-kunci kegugupan dalam menatap masa depan.

Baca: Kampung Dolanan Sidowayah Klaten

Pengalaman melihat aktivitas di desa lain memberikan efek psikologi yang sangat positif bagi peserta studi banding karena ketika melihat desa lain bisa melakukan hal yang jauh lebih maju mereka menjadi yakin mereka juga mampu melakukannya. Keyakinan itu langsung muncul karena tidak ada hambatan emosional.




Pada tanggal 7-8 Desember 2018, tim desa wisata yang dibentuk oleh pemerintah desa Klepu mengadakan studi banding ke Bumi Langit Institute dan Desa Wisata Kaki Langit Yogyakarta. Selama 2 hari satu malam, tim yang terdiri dari 14 orang belajar tentang konsep desa wisata.
Selama itu pula, mereka dibimbing oleh para pakar dalam bidangnya.

Baca: Satu Tahun Kampung Banyu Beku






Data yang dikumpulkan Berdesa.com mengungkap, banyak desa yang melakukan studi banding ke desa lain yang lebih maju bisa dengan cepat menciptakan langkah kemajuan bagi desanya. Melihat apa yang dilakukan desa lain membuat rombongan peserta studi banding segera mendapatkan semangat dan inspirasi bahwa mereka juga bisa melakukan lompatan yang sama seperti yang mereka lihat di desa tempat studi bandingnya.

Posting Komentar

0 Komentar