Jadilah Orang Tua Idola Anak!


Sebagai orang tua kita pasti sadar peran orang tua untuk menuntun kesuksesan buah hatinya. Peran orang tua sangat berpengaruh terhadap kecerdasan, kondisi mental, kemampuan bersosialisasi, serta kreativitas anak. Salah satu cara mendidik terbaik adalah menjadikan diri kita sebagai idola untuk anak-anak. 

Sudah siapkah kita menjadi idola bagi anak?

Simak 5 hal yang harus dimiliki orang tu agar bisa menjadi idola anak!

1. Sikap Sabar

Kesabaran sangat menentukan dalam semua hal, kata pepatah Arab. Ya, dengan sikap sabar bisa buat Anda lebih mudah dalam membimbing mereka. Sebab, anak-anak akan senantiasa merasa nyaman bersama Anda. Orang tua yang tidak mudah marah serta tersulut emosi, membuat anak menjadi pribadi yang lebih percaya diri, ceria, dan supel lho.

Bacajuga: Liburan Produktif Untuk Anak

2. Pahami Potensi Anak

Setiap anak mempunyai karunia potensi dan bakat. Jangan sampai anak-anak mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari orang tuanya karena belum memahami potensi anak. Hindari membanding-bandingkan anak dengan anak lain atau hingga dipaksa untuk sama dengan anak lain. Karena akibatnya? Anak-anak bisa saja jadi pribadi yang pemalu, pemarah, dan pemuruh lho. 
Pahami minat dan kesukaan anak, dengan begitu, kita sebagai orang tua harus mendukung apa pun yang mereka lakukan agar senantiasa sukses di masa depan.

3. Selalu Jadi Contoh

 Sering sekali kita menuntut anak untuk melakukan banyak hal. Pertanyaannya, apa orang tua juga sudah melakukannya?
Sederhananya, ketika meminta anak untuk bisa membagi waktu dengan baik, bertutur kata baik, atau disiplin dalam beribadah, Orang tua juga harus memastikan kalau sudah menerapkan hal tersebut.
Dengan begitu, mereka jadi lebih mudah untuk melakukannya karena ada sosok yang bisa jadi teladan.

4. Selalu Hargai dan Percaya pada Anak

Jangan meragukan kemampuan anak kita? Hal ini bisa menjadi belenggu untuk kita. Beri mereka kepercayaan supaya rasa percaya diri mereka juga tumbuh. Selain itu orang tua juga harus menghargai apa pun pencapaian anak. Berikan mereka apresiasi saat berhasil maupun gagal. Dengarkan selalu opini atau pemikiran anak-anak. Dengan begitu, mereka akan selalu merasa bahwa dirinya berharga. Rasa percaya diri pun akan timbul di dalam diri sehingga target menuju kesuksesan akan lebih mudah tercapai.

Baca juga: Kemah Untuk Isi Liburan Anak

5. Nasehati Dari Hati ke Hati 

Bahkan, Rasulullah pun menjaga waktu saat memberikan nasihat pada umatnya. Hal tersebut dilakukan karena Beliau khawatir menimbulkan perasaan bosan pada mereka. Jangan terlalu membombardir anak-anak dengan petuah yang buat mereka bosan. Kita juga harus memberikan jeda dengan begitu mereka tak akan merasa tertekan.

Posting Komentar

0 Komentar