Isi Liburan Anak Dengan Cara Produktif dan Edukatif

Poster Kemah Anak Klaten 2019


Liburan nanti, mau ajak anak Anda ke manakah? Sudah menyiapkan agenda kegiatan harian apa saja? Sudah tahu bagaimana cara agar anak tetap dapat menikmati liburan yang menyenangkan di rumah tanpa harus sering keluar rumah? Berikut ini adalah 7 ide kegiatan yang dapat mereka lakukan selama liburan anak sekolah.


1. Lakukan aktivitas biasa

Bagi anak yang sedang sedang liburan, masa libur seharusnya tidak dijadikan alasan untuk bermalas-malasan sepanjang hari.
Kendati tidak ada lagi tugas dari sekolah, sebaiknya orang tua memberikan tugas harian sebagai penggantinya. Tugas tersebut akan membuat anak terhindar dari rasa malas yang membuat anak mudah merasa bosan.

2. Membaca

Sediakan buku-buku yang menarik, ajak anak ke toko buku untuk memilih buku kesukaannya sendiri. Dengan begitu anak akan melupakan rasa bosan dan bermalas-malasan. Dan tenggelam dengan bacaannya.


3. Menekuni hobi

Selama liburan anak sekolah, beri dorongan pada anak untuk menekuni hobinya, terutama bila hobinya tersebut tidak mengeluarkan tenaga dan keringat terlalu banyak. Misalkan berkebun, melukis, menulis, memelihara burung, dan lain sebagainya.


4. Kolase

Ajak anak-anak untuk membuat kolase berbagai ukuran dan bentuk. Kolase seukuran tubuh mereka tentu memerlukan waktu penyelesaian yang lama, ini bisa dijadikan alternatif kegiatan bersama kakak beradik.


5. Olah raga ringan

Aktivitas ringan selama liburan amat baik dilakukan. Selain mampu membuat anak terhindar dari rasa malas, juga membuat peredaran darah tetap lancar, sehingga anak tidak merasa lesu dan bosan. Olah raga yang bisa dilakukan selama puasa, misalnya : bulutangkis, tenis meja, catur dan bermain sepeda.


6. Memasak

Menyiapkan makanan untuk keluarga bisa juga dipilih untuk membuat anak melupakan rasa bosan. Bersabarlah ketika dapur menjadi sedikit lebih berantakan. Libatkan mereka ketika kita hendak menyiapkan menu. Misalnya, memotong dan mengupas buah-buahan, memasukkan dan mengaduk-aduk adonan bahan makanan, dsb.


7. Berkemah

Percayalah, berkemah selalu menyenangkan, terutama bagi anak usia sekolah. Suasana yang terbangun akan membuat mereka melupakan rasa bosan. Menurut pakar, aktivitas berkemah di alam bebas banyak hal yang dapat dilatih kepada anak, mulai dari melatih kecerdasan kinestetik, keberanian, kemandirian, hingga kemampuan manajemen.

Baca juga: Ini Kata Psikolog Tentang Manfaat Kemah Untuk Anak


Kalo bingung mau ikut kemah dimana? Ikut saja Talent Explore Holiday Camp 2019. Klik tautan ini untuk mendaftar.



Posting Komentar

0 Komentar