Puncak Suroloyo, Wisata yang wajib dan harus anda kunjungi, Melihat pemandangan Candi Borobudur diatas ketinggian yang sangat indah, klik simak artikel menarik ini!!




Puncak Suroloyo merupakan puncak yang paling tinggi di Perbukitan Menoreh Yogyakarta. Perbukitan menoreh ini memiliki ketinggian sekitar lebih dari 2000 meter yang membentang di sepanjang kota Yogyakarta dan Jawa Tengah. Di Puncak Suroloyo ini anda dapat melihat pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian. Puncak Suroloyo ini juga memiliki cerita legenda yang menceritakan seorang Raden Mas Rangsang yang mempunyai gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo.
Terdapat tiga pendopo atau gardu pandang di Puncak Suroloyo. Pendopo yang pertama yaitu Suroloyo ini berada di paling bawah dari pendopo lainnya. Di pendopo Suroloyo ini anda dapat melihat pemandangan Candi Borobudur yang  indah. Pada pendopo kedua yaitu Pertapaan Sariloyo yang berada di 200 meter ke arah barat.
Di pendopo kedua ini anda dpat melihat pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.  Untuk anda yang ingin pergi ke pendopo ketiga anda harus menaiki tangga sekitar 200 meter. Pendopo ketiga yaitu pendopo Kaendran. Di pendopo ketiga ini anda dapat melihat Pantai Glagah Kulon Progo yang tampak biru.
Dibalik keindahan yang dimiliki Puncak Suroloyo ternyata Puncak Suroloyo memiliki suatu misteri. Yaitu sebuah mitos bahwa Puncak Suroloyo sudah ada sejak dulu dan di puncah tersebut merupaka tampat bekas Raden Mas Rangsang memiliki gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Di Puncak Suroloyo ini Raden Mas Rangsang melakukan pertapaan setelah dia menerima sebuah wangsit.
Hal itu terdapat di dalam Kitab Cabolek yang ditulis Ngabehi Yasadiputa yang isinya bahwa Mas Rangsang memperoleh wangsit, supaya dia harus berjalan dari Keraton Kotagede ke arah barat. Karena hal itu akhirnya Mas Rangsang mengikuti petunjung tersebut dan berjalan dengan jarak sekiatar 40 km dan setelah itu dia tertidur di Puncak Suroloyo ini. Di dalam tidurnya Raden Mas Rangsang memperoleh wangsit lagi. Di wangsit itu terdapat perintah untuk melakukan tapa di tempat dia berhenti.
Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat,  Yuk pesan paket wisata Jogja di Training77 (Profssional EO & Tour Travel).
#puncak #puncaksuroloyo #wisatamagelang #kopisuroloyo #sunrisesuroloyo #sunsetsuroloyo #training77 #tour77

Posting Komentar

0 Komentar