Membangun Destinasi Wisata

Pemandangan alam yang indah, budaya tradisi dan ide kreatif adalah modal dasar untuk membangun destinasi wisata. Ternyata banyak daerah di Indonesia sudah diberkahi keindahan alam oleh Yang Maha Kuasa. Misalnya, berada di atas pegunungan yang memiliki pemandangan hijau nan cantik serta berada di pesisir pantai dengan hamparan laut pasir putih. 

Begitu juga soal seni budaya, banyak daerah di Indonesia yang punya seni budaya tradisi begitu kental. Seni budaya yang masih orisinil dan mampu membuat wisatawan jatuh hati. Di daerah Istimewa Yogyakarta masih banyak desa yang masih kental dengan adat istiadat atau tradisi kejawennya. Daerah lain misalnya di Desa Penglipuran Bali, warganya masih hidup dengan nilai-nilai budaya luhur warisan nenek moyang meraka. 

Seni dan budaya yang kita miliki sangat banyak dan sangat kaya. Tinggal sekarang bagaiman kita membuat kemasan yang bagus dan menarik, mengolahnya menjadi sebuah pertunjukan yang menarik masyarakat untuk menyaksikan.

Para pengelola beserta stakeholder dituntut untuk terus menciptakan inovasi agar orang yang berwisata ke daerahnya bakal merasa belum puas kalau hanya sehari datang. Melainkan harus stay sehingga bisa menikmati aneka atraksi wisata menarik hati. Misalnya, panggung kesenian rakyat seperti tarian lokal dan berbagai atraksi seni yang selama ini hidup di daerah. Maka bisa dipastikan banyak wisatawan mulai tertarik menginap di homestay demi menikmati berbagai paket liburan malam hari mulai dari pertunjukan seni yang unik, jalan-jalan menikmati suasana desa hingga wisata kuliner kampung yang tak akan bisa ditemui di tempat lain. Jadi, inovasi menjadi salah satu kunci penting dalam membangun destinasi wisata.


Posting Komentar

0 Komentar