MENJADI GURU INSPIRATIF

GURU HARUS MENGINSPIRASI

Setiap orang bisa menjadi guru. Tetapi, tak bisa disangkal jika tidak semua orang mampu menjadi guru yang baik, mengobarkan semangat, memberi inspirasi, memancarkan energi, mencerahkan, sekaligus menanamkan pengaruh yang luar biasa sehingga bisa membekas sepanjang hidup di benak anak didik.c
Training77 merupakan provider yang memberikan jasa pelatihan indoor maupun outdoor. Training77 mengedepankan kesenangan dan kepuasan dari peserta. Pelatihan untuk menjadi guru yang inspiratif dapat dilakukan dengan memberikan materi-materi serta simulasi mengajar yang menyenangkan.
Pentingnya menjadi guru yang inspiratif karena peran guru yang selain memberikan materi pelajaran, juga memberikan inspirasi sehingga menjadi penerang cahaya bagi para anak didiknya. Semua manusia senang bersamanya, karena didekatnya banyak inspirasi yang dapat diraih.

CIRI-CIRI GURU INSPIRATIF

Ada empat ciri guru inspiratif : 

  1. Empati. Guru yang inspiratif adalah guru yang  mampu membentuk ikatan batin dengan siswa, menangis dan tertawa bersama, memahami dan mengerti apa–apa yang membuat peserta didiknya merasa senang saat belajar di kelas.  
  2. Komunikatif. Guru yang mampu berkomunikasi dengan baik. Guru harus berlatih menjadi pembicara yang ulung dan mampu secara ekspresif menggunakan segenap panca indera untuk membuat pembelajaran menjadi menarik.  
  3. Menghormati sesama. Guru yang inspiratif adalah guru yang menghormati semua manusia yang ada di kelasnya. Siswa adalah manusia yang harus dihormati, siswa akan menghormati gurunya bila eksistensi mereka dihargai. Siswa akan duduk manis dan tenang mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru yang menghormati mereka. Guru yang baik tidak pernah memberikan label kepada anak didiknya. Kekurangan dan kelemahan anak didik menjadi tantangan baginya untuk ditingkatkan dan dikembangkan.  
  4. Bersikap positif. Guru yang baik adalah guru yang senantiasa memandang persoalan dari sisi positif. Ia berusaha mengambil kekuatan dari setiap kendala yang dihadapi. Rasa optimisnya besar, keyakinannya adalah apapun yang terjadi pasti ada sisi positif yang menguatkan. Berpikir postif mendorongnya untuk maju, terbuka dengan hal baru, tidak apriori atau berburuk sangka. Bila guru berpikir positif maka hal baik ini akan menular ke anak didik, mereka juga akan belajar untuk berpikir positif.

GURU HARUS MEMBERI PENGARUH 

Guru yang sekedar mengajar tetapi tidak dapat berperan sekaligus sebagai pendidik. Padahal, untuk mencapai kemajuan dan kesuksesan siswa, jelas dibutuhkan guru yang tidak sekedar mengajar sesuai kurikulum melainkan dapat menginspirasi dan mempengaruhi sekaligus mengubah jalan hidup anak didik jadi lebih baik. c
Mari pada pendidik, jika membutuhkan jasa pelatihan untuk mengembangkan pembelajaran agar lebih menyenangkan, dapat bergabung bersama Training77. Bukan hanya ilmu yang didapat, akan tetapi kesenangan dapat diraih. Training77 juga melayani pelatihan outdoor serta tour and travel. Pelatihan outdoor berupa outbound yang menyenangkan. Selengkapnya dapat klik disini.






Posting Komentar

0 Komentar