Asiknya Refreshing di Dolan Deso Boro bersama Rekan-Rekan Hexsoul

Rutinitas kerja dari hari senin sampai sabtu yang selalu sama setiap harinya terkadang membuat para karyawan tertekan bahkan sampai stres. Ada yang merasa pekerjaan terlalu banyak, ada yang menilai kebijakan perusahaan tidak manusiawi, ada yang merasa 'jengkel' dengan rekan kerja yang lain, serta semua permasalahan pribadi pekerja tersebut maupun permasalahan dengan lingkungan di tempat kerjanya dapat memberikan efek negatif untuk kemajuan perusahaan. Sehingga diperlukan adanya kegiatan yang mampu menambah motivasi kerja karyawan tersebut, serta memberikan nilai-nilai sosial diantara mereka dengan sifat yang menyenangkan, mengasikan, seru dan penuh dengan keakraban.


Begitu pula yang menjadi tujuan utama dilaksanakanya outbound bersama PT. Mitra Tirta Buwana minggu kemarin. PT. Mitra Tirta Buwana ini merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman. Air Minum Hexsoul merupakan salah satu produk yang dikembangkan oleh PT Mitra Tirta Buwana. Ada beberapa cabang di beberapa provinsi di Indonesia. Salah satunya Cabang Jogja, Semarang, dan Brebes yang merupakan peserta outbound peningkatan team building kemarin.


Outbound dilaksanakan di Dolan Deso Boro pada hari minggu, 15 mei 2016 ini mengangkat tema besar “Positive Team Work Building”. Outbound team building pada perusahaan telah banyak menghasilkan manfaat yang sangat luar biasa, karena didalam outbound ini mencakup beberapa aspek materi yang bisa diperoleh seperti komunikasi, kepercayaan, kepedulian, kepemimpinan, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, sinergi, dan membangun komitmen bersama. Melalui kerjasama dan saling berbagi pengetahuan serta ketrampilan, sebuah team seringkali mampu menyelesaikan tugas secara efektif, ketimbang dilakukan oleh seorang individu.

 

Outbound yang dilaksanakan oleh 50 peserta ini dimulai pukul 07.00 WIB. Setelah sampai di lokasi tepat waktu, peserta disuguhi welcome drink khas Kulon Progo yakni tempe benguk, gebleg, gorengan, dan wedhang jahe. Selanjutnya foto-foto sebagai dokumentasi kebersamaan di depan pintu masuk Dolan Deso Boro. Training77 kembali berinovasi dengan membuat brackdrop lebar yang digunakan untuk berfoto bersama, selfie, atau grufie, dengan pernak-pernik fun prop photo yang unik dan menarik.

 

Selepas foto, peserta mengikuti burning. Di awal sesi ini terlihat peserta malu-malu dan mengelompok sendiri, tetapi celetuk canda tawa sudah banyak dilontarkan peserta. Hal ini wajar, karena mereka berasal dari 3 cabang kota yang berbeda sehingga jarang bertemu. Tujuan dari sesi burning ini lah yang menjadi kunci awal membangun keakraban, mencairkan suasana, serta menghidupkan kegiatan outbound kali ini. Benar saja, lepas Kak Surya dan Isna membawa burning, dari tepuk semangat, meneriakan semangat hexsoul, goyang tangan, goyang badan, membuat peserta semakin bersemangat. Ditambah lagi permainan traffic light, angina kanan-kiri-depan-belakang, serta goyang sharini semakin menambah antusias peserta.

 

Burning yang berhasil membuat cair suasana outbound dilanjutkan dengan sesi selanjutnya yaitu permainan kerjasama tim. Beberapa game seperti A pull, angkat ember, bola gila dilaksanakan. Sesuai dengan kelompoknya peserta melaksakan game ini secara kompetisi. Penyusunan strategi, komunikasi yang baik dengan peserta lain, serta kerja tim yang baik menjadi kunci utama permainan ini. Dan luar biasa sekali atas partisipasi peserta, semangat serta bahu membahu dalam menyelesaikan setiap permainan ini membuat permainan kerja sama ini dapat dikatakan berhasil dilampaui.

 

Selepas permainan kerjasama, peserta dan team Training77 istirahat sejenak dengan menikmati es dawet nan segarr, sebelum melalui permainan high rope dimana permainan ini masuk dalam kategori high impact. Sehingga sangat cocok untuk outbound team building serta mampu menjadi tantangan secara personal dari peserta. Akan tetapi, permainan high rope di Dolan Deso Boro ini, tidak terlalu menegangkan karena peralatannya disetting di atas kolam yang besar, sehingga apabila peserta gagal memainkannya peserta otomatis akan jatuh langsung ke kolam yang dalamnya hanya 50cm. Setelah asik mengikuti permainan ini, kemudian cebur-ceburan bermain air, sambil mendayung diatas kolam, peserta mencoba memainkan bumbung bamboo. Bumbung bamboo yang di set seperti flying fox ini tak kalah mengasikkan dan menantang. Satu persatu peserta mencobanya sambil teriak dan ‘byuur’ tercebur kolam.

 
 

Puas bermain-main dengan air di kolam high rope, peserta menuju ke sungai untuk menyusuri sungai dengan pelampung dan masuk ke terowongan gelap yang deras. Istilah permainan ini yaitu black hole. Black hole ini merupakan puncak dari permainan outbound bersama jajaran direksi dan karyawan air minum Hexsoul ini. Awal melihat arus sungai yang mulanya tenang, kemudian diujung terowongan deras membuat sebagian peserta hilang keberaniannya. Namun, tidak semua yang takut mengikuti game ini. Peserta memakai pelampung dan topi untuk keamanan. Kemudian berjalan menuju start sebelum terjun ke sungai. Setelah sampai, peserta diberi arahan oleh pemandu black hole agar selalu mengikuti perintah yang akan diberikan pemandu. Setelah itu peserta memasuki sungai dan langsung membuat formasi lingkaran, dengan bergandeng tangan, kemudian kaki diluruskan kedepan, dan sebelum memasuki terowongan peserta membuat formasi kereta, kaki diletakkan dibawah ketiak teman depannya. Dan.. jeesssss masuk ke terowongan dengan arus yang deras dengan panjang 20 meter. Di ujung terowongan sudah ada pemandu lain melempar pelampung ban untuk evakuasi (menyelamatkan diri) karena di dalam terowongan yang deras sulit untuk bisa mengontrol. Keseruan black hole ini menjadi pamungkas berahirnya outbound bersama para team dari Hexsoul.

 

Diahir sesi yaitu pembagian hadiah atau doorprize, kesan dan pesan dari peserta, serta pemaknaan akan setiap games yang kita mainkan selama outbound berlangsung. Kak Surya memberikan pemahaman kepada peserta bahwasanya kerja tim itu wajib dan harus dilaksanakan dalam tim Hexsoul. Saling memahami, peduli satu sama lain, komunikasi yang lancar, serta selalu mendengar perintah dan komando dari leader menjadi teaching point outbound ini. Besar harapan kami adanya outbound ini akan banyak perubahan untuk menjadi lebih baik dari setiap anggota Hexsoul. Tidak hanya sekedar main-main saja yang didapat peserta, akan tetapi keakraban, keharmonisan, kedisiplinan, kepedulian, dan sikap patuh terhadap apa yang menjadi tanggungjawab menjadi hal yang utama bisa dilaksanakan oleh peserta. Training77 mengucapkan banyak terimakasih kepada Pak Bowo, Mas Andri, dan Bu Sri yang telah mempercayakan kami mengisi pengembangan SDA melalui outbound ini. Semoga jalinan silaturrahmi ini akan selalu terjaga dan menjadi amal baik kita semua. Amiin..


 TRAINING77
Office : Perum Citra Indah Blok U.12 Merbung, Klaten, Jateng, Indonesia
Telp. (0272) 325647 Hotline / WA : 0852.9228.6625
www.Training77.com Email : infotraining77@gmail.com
Fb : Wisata Outbound ! Twitter : @infotraining77 ! Pin BB : 5B4EA4B8


Instagram : infotraining77







Posting Komentar

0 Komentar