Melatih Motorik dan Kognisi Anak ~ Outbound Kid's TK BA Jonggrangan

Kegiatan mengisi liburan tidak terbatas mengunjungi tempat-tempat wisata. Salah satunya mencari kegiatan yang menantang bagi anak seperti outbound for kid’s (Outbound Kid’s). Outbound anak adalah suatu kegiatan outbound yang dilakukan oleh anak-anak yang berumur berkisar umur 5 tahun. Biasanya outbound anak  bertujuan mengembangkan kepencayaan diri, keberanian dan daya kretifitas.


Kegiatan belajar di alam terbuka seperti outbound kid’s ini dilaksanakan di Pakemsari pada hari kamis, 19 Mei 2016 bersama 24 anak dari TK BA Jonggrangan Klaten. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup peserta menuju sebuah pendewasaan diri. Pengalaman dalam kegiatan outbound memberikan masukan yang positif dalam perkembangan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi.

 

 

Selepas menyantap wellcome drink, foto-foto kemudian dimulai dengan pemanasan, burning dan senam pinguin dance. Tawa ceria anak-anak bermain-main dan bersenang-senang bersama team instruktur Training77 selalu terlihat di wajah mereka. Kegiatan outbound seperti ini merupakan program tahunan dari TK BA Jonggrangan Klaten. Oleh karena itu, kegiatan ini ditambah dengan gathering bersama orang tua peserta. Untuk menambah kehangatan dan keakraban ada beberapa permainan yang dikombinasikan bersama dengan orang tua.

 

Permainan kerjasama yang dilaksanakan di lapangan yaitu penjinak bom dan happy balon. Tujuan dari permainan ini mengajarkan anak berbaur (beradaptasi) dan berinteraksi dengan teman sebaya atau teman yang berbeda usia darinya. Bukan hanya itu, outbound juga dapat mengembangkan aspek motorik (pergerakan otot-otot) dan kognisi (cara berpikir).


Ada hal unik yaitu permainan kerjasama bersama orangtua dengan bermain transfer air menggunakan plastik es. Permainan ini harus berkolaborasi bersama guru dan orang tua karena bentuk plastik es yang panjang membuat adik-adik peserta kewalahan mentransfer airnya. Riuh tawa ceria menggema di Pakemsari, semangat dan kerjasama yang ditunjukan ibu guru dan orang tua menambah semangat pula untuk adik-adik TK BA Jonggrangan Klaten.



Permainan selanjutnya high rope yaitu permainan penuh dengan tantangan. Penggunaan high rope seperti memberikan rasa nyata pada petualangan dan keberhasilan. Untuk usia anak TK harus diberikan media belajar seperti ini karena cocok untuk memberikan pelatihan keberanian, kemandirian dan tantangan. Keberanian adik-adik Jonggrangan patut diacungi jempol. Hampir semuanya melalui games ini. Walaupun sempet takut, akan tetapi orang tua ikut mendampingi dan mensupport dengan mengikuti dibelakang mereka. Diujung kegiatan ini ada free program yang dimanfaatkan ibu guru, team instruktur Training77 dan adik-adik TK BA Jonggrangan Klaten dengan bermain polo air.


Kami ucapkan terimakasih kepada Keluarga Besar TK BA Jonggrangan Klaten, guru-guru, orang tua dan adik-adik yang telah memberi kepercayaan kepada Training77 bermain-main serta menambah pengalaman untuk perkembangan motorik dan kognisi anak. Mengutip pesan Ibu Atun selaku Kepala Sekolah TK BA Jonggrangan bahwa pada dasarnya setiap anak itu unik, dan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, berharap sekali orang tua tetap mendukung bakat dan minat anak, serta selalu mendoakan mereka agar menjadi anak yang membanggakan. Amiin.. Insya Allah.


TRAINING77
Office : Perum Citra Indah Blok U.12 Merbung, Klaten, Jateng, Indonesia
Telp. (0272) 325647 Hotline / WA : 0852.9228.6625
www.Training77.com Email : infotraining77@gmail.com
Fb : Wisata Outbound ! Twitter : @infotraining77 ! Pin BB : 5B4EA4B8


Instagram : infotraining77








Posting Komentar

0 Komentar