Cara Melestarikan Permainan Tradisional


Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern sekarang ini, berbagai permainan modern untuk anak-anak kini muncul yang didukung dengan teknologi tinggi baik bersifat online maupun offline yang mudah didapatkan dimana-mana.
Maka tak heran jika anak-anak sekarang tidak mengenal beragam permainan tradisional yang ada di Negara kita yang kaya akan seni dan budayanya. Berbeda ketika beberapa tahun atau beberapa puluh tahun yang lalu, ketika kita masih kecil mungkin kita lebih mengenal permainan-permainan tradisional seperti enggrang, bakiak, congklak, kelereng, engklek, dan lain-lain.
Oleh karena itu, perlunya kita untuk melestarikan kembali permaian-permaian tradisional untuk mempertahankan kebudayaan kita yang hampir ditinggalkan oleh generasi-generasi muda saat ini, terutama bagi anak-anak. Karena dengan melestarikan permainan-permainan tradisional juga akan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, terutama wisatawan asing manca negara.

Ada beberapa cara agar permainan tradisional yang ada di daerah kita diantaranya:

1. Memperkenalkannya kembali kepada anak tentang permainan Tradisional.
Ini merupakan hal pertama yang kita lakukan agar permainan tradisional bisa dipertahankan yaitu memperkenalkannya kembali kepada anak-anak. Kita bisa melakukannya melalui kegiatan-kegiatan lomba baik di lingkungan sekolah ataupun di lingkungan tempat tinggal mereka. 

2. Membuat permainan tradisional menjadi lebih menarik.
Hilangnya minat anak-anak tentang permainan tradisional bisa juga disebabkan karena kejenuhan akan cara-cara memainkannya dan tidak menghibur. Oleh karena itu, sebagai generasi yang masih peduli kita bisa mengubah permainan tersebut menjadi lebih menarik. Sebagai contoh kita membuat suatu permainan tradisional yang meningkatkan kecerdasan anak. Kita juga bisa mengadakan lomba dan memberikan penghargaan bagi pemenang. Dengan begitu anak-anak akan termotivasi untuk terus bermaian permainan tersebut.

3. Mengadakan workshop pelatihan permainan tradisional. 
Perlu adanya kita membuat sebuah pelatihan permainan tradisional dengan cara mengumpulkan sebanyak-banyaknya permainan yang ada berserta peraturan dan cara bagaimana memainkannya. Kemudian setelah itu kita adakan sebuah latihan dan mengajarkan kepada anak-anak baik di sekolah-sekolah maupun di daerah mereka tinggal serta melatih semua permainan tersebut kepada anak-anak agar bisa terus dilestarikan dan seterusnya bisa dikembangkan kembali.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, Indonesia adalah merupakan Negara yang kaya akan warisan budaya, sehingga banyak permainan-permainan tradisional dari berbagai penjuru daerah, seperti enggrang, engklek, kelereng, layang-layang, bakiak, congklak, benteng, gobak sodor, dan masih banyak lagi. Dari berbagai permaianan tersebut, perlu kita lestarikan dan perkenalkan kembali kepada anak-anak, agar tidak ditinggalkan. Karena dengan melestarikan permainan-permainan tradisional juga akan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, terutama wisatawan asing manca negara.

Kampung Dolanan Sidowayah
#sebuah masa yang tak bisa dibeli dan terganti

Dusun Baderan, Desa Sidowayah, Kec. Polanharjo, Klaten
Email : kampungdolanansidowayah@gmail.com
Telp/sms/WA 0857.4386.2010/0852.9228.6625
Ig : @kampungdolanansidowayah

Posting Komentar

0 Komentar