Kisah Ainun Habibie Mendidik Anaknya

 jika anak-anak berani mengeluarkan pendapat, artinya mereka sedang belajar dalam hidupnya. “Bagi orang tua, itulah saatnya melaksanakan kewajiban memberikan bekal bagi kehidupan mereka
Terselip satu fragmen dalam buku "The True Life of Habibie" kisah Ainun Habibie dalam mendidik putra-putranya, Ilham Habibie dan Thareq Habibie. Ainun adalah seorang ibu yang sangat bertanggung jawab dalam membesarkan anak-anaknya.
Monumen Cinta Habibie dan Istri Beliau, Ainun Habibie

Penulis buku, Andi Makmur Makka, menuliskan bahwa sejak kecil, Ainun membiasakan anak-anaknya untuk mengembangkan kepribadian mereka sendiri. Caranya, Ainun membebaskan anak-anak untuk berani bertanya tentang hal yang tidak diketahuinya. Ia akan memberikan jawaban jika ia mampu atau ia meminta Habibie jika tidak mampu. Ainun sadar kalau anak-anak sejak kecil harus dibangun keingintahuan dan kreatifitasnya.

Ainun juga membiasakan anaknya hidup sederhana. Uang jajan diberikan pas untuk satu minggu. Dengan demikian mereka memiliki kebebasan untuk memilih jajanan yang mereka sukai, dan mengelola uang mereka sendiri. Hasilnya, Ilham dan Thareq tumbuh sebagai anak yang menghargai kesederhanaan. Pernah mereka harus bolak-balik dari satu toko ke toko lain untuk mendapatkan harga yang pas sebelum membeli suatu barang.

Hal yang juga tidak kalah penting dalam mendidik anak, Ainun dan BJ Habibie membiasakan mereka mengemukakan pendapat dengan mengajak mereka berdiskusi di rumah. Menurut Ainun, jika anak-anak berani mengeluarkan pendapat, artinya mereka sedang belajar dalam hidupnya. “Bagi orang tua, itulah saatnya melaksanakan kewajiban memberikan bekal bagi kehidupan mereka, “katanya seperti di tulis dalam buku itu..

Gabung grup whattshap Sharing Parenting untuk saling berbagi inspirasi bersama komunitas Orang Tua hebat

Posting Komentar

0 Komentar