Apa Saja Dolanan dan Fasilitas di Kampung Dolanan Sidowayah Klaten?

Terhitung mulai 14 Agustus 2016 Kampung Dolanan Sidowayah, Klaten ini resmi dibuka oleh Dinas Pariwisata Klaten. Hingga memasuki bulan oktober 2016, hampir 1000 peserta dari PAUD/KB, TK, dan SD sudah berkunjung dan sangat antusias bermain dan belajar di Kampung Dolanan Sidowayah. Bermain-main dolanan tradisional, outbound dan permainan ketinggian, susur sungai di Umbul Manten, menangkap ikan, membuat karya jelajah desa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Beribu-ribu ucapan terimakasih kami berikan untuk lembaga maupun sekolah yang sudah mempercayakan kegiatan outing class di Kampung Dolanan Sidowayah. 

Berikut beberapa kegiatan dolanan dan permainan yang bisa dinikmati di Kampung Dolanan Sidowayah :

A. OUTBOUND dan DOLANAN TRADISIONAL

Dolanan Dakon
Permainan dengan Othok-Othok Dorong
Dolanan Gobag Sodor
Dolanan Lompat Tali
Lompat Hulahop
Gendhong-gendhongan
Permainan Sumpit Bola
Dolanan Engklek
Permainan Labirin Bola
Dolanan Bakiak Bathok
Dolanan Ular Naga 
Dolanan Balap Karung
Transfer Hulahop
Permainan merangkak
Team building


Team building


Pengembangan Motorik
Baca juga: Katalog Outbound Kids Training77


Pengembangan Motorik


B. OUTBOUND HIGH ROPE (Permainan Ketinggian)
Selain permainan dan dolanan di atas, ada beberapa fasilitas untuk permainan ketinggian. Berbagai  instalasi outbound untuk anak usia 3-10 tahun ini mampu melatih mental keberanian anak. Selain itu, motorik dan fisik anak dapat dikembangkan dengan high rope game ini. Konsep wahana outbound for kids di Kampung Dolanan Sidowayah memang terbilang paling lengkap di Klaten. Ada yang high rope dengan tinggi hanya 1-1,5 meter, adapula high rope di atas air (water game). Beberapa instalasi permainan ketinggian 1-1,5 meter tersebut dapat terlihat dalam foto berikut :







C. WATER GAME atau PERMAINAN AIR 

Selain instalasi tersebut untuk outbound kids, Kampung Dolanan Sidowayah menyediakan wahana permainan air, atau water game. Jembatan titian, jembatan jaring dan kolam tangkap ikan mampu menarik perhatian serta menguji mental dan keberanian peserta. Berikut instalasi water game :





D. MEMBUAT KARYA
Untuk melatih keterampilan, keuletan serta kreatifitas peserta, kami memberikan fasilitas membuat karya. Beberapa dolanan tradisional jaman dahulu diangkat kembali dan dikemas menjadi dolanan anak yang menarik. Peserta dapat membuat karya dan membawa pulang sebagai cinderamata dari Kampung Dolanan Sidowayah. Beberapa dokumentasi membuat karya di Kampung Dolanan Sidowayah, sebagai berikut :

















E. JELAJAH DESA dan RENANG di UMBUL MANTEN
Menikmati keindahan Desa Sidowayah yang asri, serta hijaunya sawah dan ladang milik petani menjadi kegiatan lanjut yang kami tawarkan. Banyak keindahan alam yang bisa didapatkan manakala kita berjalan menyusuri desa di Sidowayah. Mengenalkan anak akan pelestarian dan menjaga keasrian lingkungan desa menjadi kunci utama kegiatan jelajah desa ini.





Permainan akan lebih menyenangkan apabila diisi dengan mandi atau berenang. Nah, Kampung Dolanan Sidowayah pun bekerjasama dengan pengelola Umbul Manten memberikan fasilitas berenang dan susur sungai serta bisa juga tangkap ikan di Umbul Manten. Dinginnya air di Umbul Manten akan terasa menyejukkan lepas bermain dan belajar di Kampung Dolanan Sidowayah.






F. Tangkap Ikan, Tracking (Susur) Sungai, Bajak Sawah, Tanam Padi
'Berani kotor itu baik'. Slogan yang tidak asing bagi kita. Begitu yang kami tawarkan untuk peserta, berkotor-kotor ria sambil belajar mengenal alam. Berbagai permainan air dan sawah menjadi permainan experiential learning yang menarik di Kampung Dolanan Sidowayah. Experiential learning itu adalah proses belajar, proses perubahan yang menggunakan pengalaman sebagai media belajar atau pembelajaran. Experiential learning adalah pembelajaran yang dilakukan melalui refleksi dan juga melalui suatu proses pembuatan makna dari pengalaman langsung.






G. Farm Tubing KDS


Apa itu farm tubing? Anda pasti pernah bermain dengan ban dalam, entah itu di perosotan di waterpark atau di kolam renang. Nah, tubing ini adalah salah satu kegiatan rekreasi yang menunggang ban dalam di aliran air. 

Baca juga: Katalog Outbound Kids Training77

Mengarungi sungai kecil di tepian sawah dengan menggunakan ban pelampung menjanjikan sensasi tersendiri. Petualangan sesungguhnya dimulai saat aliran sungai memasuki relung terowongan yang gulita. Siapkan diri Anda untuk petualangan eksotik yang tak kan pernah terlupa.


Wahana dan fasilitas di Kampung Dolanan Sidowayah sangat mendukung untuk kegiatan outdoor (outing class) di sekolah atau instansi Anda. Sekaligus sebagai bentuk pelestarian budaya dolanan atau permainan tradisional. Kampung Dolanan Sidowayah mempunyai penawaran paket dan fasilitas yang sangat menarik, menyenangkan, dan pasti sangat edukatif, klik disini.

Bagi lembaga, sekolah, instansi, komunitas atau individu yang ingin mengetahui banyak tentang Kampung Dolanan Sidowayah dapat menghubungi kami via sms/telp/WA di 0857.4386.2010 atau 0852.9228.6625

Indahnya masa kecil,
masa yang tidak bisa dibeli dan tak terganti

Lokasi : Dusun Baderan, Ds. Sidowayah, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah


HUBUNGI KAMI : TRAINING77
Office : Perum Citra Indah Blok U.12 Merbung, Klaten, Jateng, Indonesia
Telp. (0272) 325647 Hotline / WA : 0852.9228.6625
www.Training77.com Email : infotraining77@gmail.com
Fb : Wisata Outbound ! Twitter : @infotraining77 ! Pin BB : 5B4EA4B8


Instagram : infotraining77

Posting Komentar

0 Komentar