Wisata Edukasi (Field Trip) di Museum Merapi

     Gunung Merapi sebagai salah satu gunung api teraktif di Indonesia telah menarik dunia dengan tipe letusannya berupa luncuran awan panas (Piroclatus) yang dikenal dengan sebutan wedhus gembel. Museum ini dibuat untuk menceritakan gunung api yang ada, terkhususnya Merapi. Pengunjung dapat mengamati berbagai tipe gunung api dan letusannya di dunia melalui panel museum.
     Museum Gunung Merapi (MGM) diresmikan dan dibuka pada tanggal 1 November 2009. Museum ini terletak di Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Bangunan museum yang berbentuk limasan segitiga tidak beraturan dibangun sesuai filosofi bangunan Jawa (Yogyakarta) serta wilayah Gunung Merapi yang berwujud kombinasi teknologi dan budaya yang disesuaikan dengan aturan adat (Pakem) mengikuti garis imaginer. Garis Imaginer merupakan penghubung gunung Merapi, Tugu Yogyakarta, Keraton Yogyakarta serta laut selatan.


    Di museum merapi ada sebuah dinding lobby yang dipenuhi dengan relief yang menggambarkan kehidupan gunung api dan manusia. Pada bagian tengah lobby tersaji sebuah maket gunung api berskala besar lengkap dengan uap. Selain area lobby, Museum Gunungapi Merapi dilengkapi dengan ruangan-ruangan yang mengambil tema Volcano World, On The Merapi Volcano Trail, Manusia dan Gunungapi, Bencana Gempabumi dan Tsunami, Bencana Gerakan Tanah, Diorama, Peralatan Survey, Extra-terrestrial Volcano, Film Show, dan fasilitas penunjang lainnya.

 
 


     Museum ini juga bermanfaat sebagai wahana edukasi konservasi yang berkelanjutan serta pengembangan ilmu kebencanaan gunungapi, gempabumi, dan bencana alam lainnya. Dengan visi dan harapan itulah Museum Gunung Api Merapi ini diperkenalkan dengan sebutan 'Merapi Jendela Bumi'. Untuk kegiatan wisata edukasi di lembaga pendidikan Anda, Training77 memberikan pendampingan dalam kegiatan mengunjungi museum merapi ini. Seperti kegiatan wisata edukasi yang dilaksanakan oleh SD Muh Tonggalan Klaten pada pertengahan tahun 2015 lalu.
      Sebelum mengelilingi museum, siswa-siswi akan diberikan penjelasan terkait gempa bumi dan bencana lainnya oleh petugas museum. Kemudian siswa-siswi akan melihat simulasi gempa bumi. Untuk menambah keseruan berwisata, biasanya kegiatan akan kami rangkai dengan ice breaking, dan energizer sebagai pendukung wisata. Nah, untuk sekolah atau lembaga pendidikan yang ingin berwisata di Museum Merapi, yuk bergabung bersama Training77. Kami akan membuat jadwal kunjungan serta dapat memberikan rekomendasi untuk akomodasi yang nyaman, aman dan baik. Training77 juga menawarkan paket outbound Jogja yang menyenangkan serta penuh dengan nilai edukasi. Let's refresh and success with Training77.


HUBUNGI KAMI : TRAINING77
Office : Perum Citra Indah Blok U.12 Merbung, Klaten, Jateng, Indonesia
Telp. (0272) 325647 Hotline / WA : 0852.9228.6625
www.Training77.com Email : infotraining77@gmail.com
Fb : Wisata Outbound ! Twitter : @infotraining77 ! Pin BB : 5B4EA4B8


Instagram : infotraining77




Posting Komentar

0 Komentar