Outbound Management Training LDK OSIS SMA Teladan Yogyakarta

 

Guna menunjang peranan pengurus OSIS maka perlu ditumbuhkan sifat-sifat kepemimpinan. Oleh karena itu, perlu disampaikan pula dalam sebuah pelatihan dasar atau upgrading bagi pengurus OSIS tentang materi kepemimpinan, tipe seorang pemimpin, managerial OSIS, serta peran dan fungsinya. Itu yang menjadi fokus kegiatan Training77 lalu yakni Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS Bhineka Teladan Bakti 2016/2017 di Kaliurang, sabtu-minggu 22-23 Oktober 2016 lalu, yang bekerjasama dengan LEKKP Epicentrum. 

Outbound Management Training OSIS
Outbound Management Training OSIS adalah training pembentukan karakter dan penanaman nilai kepemimpinan yang dilakukan di luar ruangan. Kegiatan seperti ini dirasa besar manfaatnya mengingat esok kedepan siswa/siswi pengurus OSIS mengemban tanggung jawab besar di organisasi sekolahnya. Kegiatan awal dilakukan dengan melakukan mengexplore diri, dengan berkenalan satu sama lain, menceritakan cita-cita personal, serta menganalisis tentang harapan untuk pencapaikan OSIS di masa mendatang.
Aktifitas selanjutnya permainan untuk pengembangan personal dan teambuilding.

Human Tower Game (menara Manusia)

Human Tower (Menara Manusia) merupakan permainan yang mengandalakan kerjasama dan tanggung jawab setiap peserta. Permainan ini dikerjakan dengan tim. Jumlah tim paling sedikit 5  sampai 10 orang tiap timnya. Dari sepuluh orang tersebut, dibangun sebuah menara. Permainan ini memerlukan strategi siapa yang akan menjadi  orang paling bawah dan siapa yang akan menjadi orang paling atas. Hal ini bertujuan agar pada saat permainan berlangsung tidak terjadi kecelakaan, atau terluka. Oleh karena itu, pemilihan siapa yang akan berada paling bawah ataupun paling atas harus dipertimbangkan dengan baik. Permainan ini membutuhkan kerjasam, gotong royong dan tanggung jawab yang baik dari setiap individu dalam tim.

Trust Fall Game

Orang yang akan menjatuhkan diri harus terlipat kedua tangannya di dada dengan posisi lipat terbalik (saling mengunci). Dengan membelakangi, orang itu menjatuhkan dirinya dan peserta lain menangkap dengan dua telapak tangan. Tidak asal menjatuhkan, harus menggunakan aba-aba.

Dengan mengamati posisi orang yang jatuh, akan bisa dilihat seberapa besar kepercayaan orang yang jatuh kepada rekan teamnya (si pemegang jaring). Yang percaya penuh akan menjatuhkan diri dengan posisi tubuh lurus, jatuh pasrah. Bagi yang tidak percaya, posisi tubuh akan bengkok, lututnya dilipat dan jatuhnya dengan meletakkan pantatnya terlebih dahulu. Yang lebih parah lagi adalah yang rasa takutnya mengalahkan nyalinya. Ia hanya berdiri lama dengan penuh keraguan untuk menjatuhkan diri.

Worse Case Skenario

Membuat strategi untuk menyalakan lilin di dalam lingkaran yang telah ditentukan tanpa menyentuh area terlarang dengan berbekal korek, tali, sedotan, balon, dan pipa panjang. Dibutuhkan strategi dan konsep yang matang untuk mempu menyalakan lilin serta harus mampu mematikannya. Dalam permainan ini tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah. Akan tetapi proses aktifitas dalam hal ini perlu digarisbawahi.

Kegiatan terahir the brief dan pemaknaan kegiatan. Seluruh tim OSIS SMA Teladan Yogyakarta mereview atau mengulas kembali aktifitas diluar ruangan. Kemudian menganalisa dan saling bertukar pendapat makna positif yang dapat diambil dari setiap aktifitas.

Akhir dari kegiatan ini, ditekankan sekali lagi dalam evaluasi bahwa sebagai suatu organisasi OSIS, tetap perlu memperhatikan faktor-faktor yang sangat berperan agar OSIS dapat senantiasa hidup dalam arti memiliki kemampuan beradaptasi agar tetap eksis. Faktor-faktor tersebut antara lain: sumber daya, efisiensi, koordinasi kegiatan dengan lingkungan luar, dan terpenuhinya fungsi dan peran seluruh komponen (pengurus OSIS, perwakilan kelas, pembina OSIS, pihak sekolah dan masyarakat luas, termasuk para orangtua siswa).

Terimakasih Training77 ucapkan kepada LEKKP Epicentrum serta Keluarga Besar SMA Teladan Yogyakarta atas kepercayaannya kepada Training77. Berharap dengan adanya LDK ini seluruh pengurus OSIS SMA Teladan mampu membangun sinergi untuk menciptakan aksi, fokus  visioner dan realistis dengan membumi sebagai wadah aspirasi untuk siswa SMA Teladan. Amin


Foto selengkapnya klik disini disini

Refresh and Success with Training77 ^_^

-----------------------------------------------------------------

Ingin outbound yang menarik, outbound yang seru, outbound yang menantang seperti kegiatan tersebut.  Pilihan wisata outbound di Jogja, Klaten, Semarang, Magelang, Wonosobo, Solo, Karanganyar. Silahkan konsultasi lebih lanjut bersama, Training77.


HUBUNGI KAMI : TRAINING77
Office : Perum Citra Indah Blok U.12 Merbung, Klaten, Jateng, Indonesia
Telp. (0272) 325647 Hotline / WA : 0852.9228.6625
www.Training77.com Email : infotraining77@gmail.com
Fb : Wisata Outbound ! Twitter : @infotraining77 ! Pin BB : 5B4EA4B8


Instagram : infotraining77





Posting Komentar

0 Komentar