Balai Ekonomi Desa (BALKONDES) Dapat Majukan Pariwisata Borobudur


Balai Ekonomi Desa (Balondes) diresmikan Tegalarum, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Adanya program ini, dikatakan dapat meningkatkan perekonomian perdesaan melalui sektor pariwisata.

Hadirnya Balkondes, dikatakan Menteri Pariwisata Arief Yahya akan mendukung gelaran International Council of Women (ICW) pada pertengahan September 2018 di Yogyakarta. 

"Balkondes makin menampakkan tajinya. Bukan saja sebagai tempat kegiatan tetapi juga sebagai penginapan para peserta ICW ke-28. Kongres akan diikuti 1.000 peserta dan sebanyak 300 orang di antaranya merupakan delegasi dari 70 negara anggota PBB," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Senin (10/9/2018).


Borogowes Training77 menawarkan aktivitas di sekitar BALKONDES Borobudur
Untuk diketahui Balkondes merupakan binaan dari BUMN yakni PT Angkasa Pura II. Pengelolaan atau pemberdayaannya diserahkan kepada masyarakat desa dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi desa. 

"Role model, pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan potensi masyarakat. Ini yang akan kita tunjukan kepada mereka. Semoga bisa menjadi role model di Indonesia dan dunia," harap Arief.

Sementara itu Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin, mengatakan program Balkondes ditujukan untuk memajukan sektor pariwisata untuk menggaet 20 juta wisatawan pada 2019.

"Program Balai Ekonomi Desa ini merupakan program Kementerian BUMN. Diluncurkan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman. Karena targetnya mencapai 20 juta wisatawan pada tahun 2019. Secara umum, Balkondes dibangun untuk meningkatkan pariwisata di wilayah Magelang. Khususnya mengangkat kawasan wisata Candi Borobudur, serta langkah awal bagi warga Desa Tegalarum untuk unjuk gigi memperkenalkan potensi-potensi daerah," tuturnya.

Ia berharap, Balkondes tak hanya akan meningkatkan sektor pariwisata namun juga pada perekonomian warga melalui pengembangan kegiatan UMKM.

"Kami berharap apa yang dikontribusikan Angkasa Pura II bisa membawa kemajuan tidak hanya dari sisi ekonomi melalui pengembangan kegiatan UMKM. Tapi juga konsep berpikir untuk selalu menjadi daerah yang lebih baik," ungkap Awal.

Desa Tegalarum menjadi Balkondes ke-18 yang sudah diresmikan di Kecamatan Borobudur. Hingga saat ini, terdapat 18 Balkondes yang telah terealisasi. Terdapat 94 kamar yang mampu menampung 105 tamu. Balkondes Tegalarum yang dibangun oleh AP II merupakan Balkondes ke-18 dilengkapi dengan 17 kamar yang mampu menampung 34 tamu.

Sumber: detikdotcom

Posting Komentar

0 Komentar