Yuk Cari Tahu Bakat Anak


Sebagai orang tua, tentu banyak tantangan saat membimbing dan mengasuh anak. Salah satu tantangannya antara lain adalah menemukan bakat dan kecenderungan anak. Setiap anak mempunyai karunia masing-masing titipan Tuhan sebagai bekal mengarungi kehidupan. Menemukan dan memahami bakat anak semenjak dini bisa menolong orang tua untuk mengatur pola asuh anak. 

Teori Kecerdasan Majemuk( Multiple Intelligences) mengatakan terdapat 8 tipe kecerdasan anak, ialah: kecerdasan logika/ matematika, kecerdasan verbal/ bahasa, kecerdasan interpersonal, kecerdasan raga/ kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan visual/ spasial, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan alam. Sebagai orang tua, seharusnya memahami tipe kecerdasa anak ini. Sehingga dimasa ketika sang anak beranjak dewasa, akan mempermudah proses belajarnya.


bahagia anak training77

Tips Deteksi Bakat


Lalu bagaimana caranya untuk mendeteksi bakat anak? Berikut hal sederhana yang orang tua bisa lakukan:

1. Beri Anak Pilihan

Berikan anak kesempatan bereksplorasi dengan berbagai aktivitas dan melihat apa yang benar-benar menarik untuknya . Jika orang tua mengetahui anak suka main sepak bola, mulailah dengan mengikuti sekolah sepak bola. Tetapi, orang tua juga harus mengatakan bila anak tidak senang main sepak bola lagi, dia bisa kok beralih ke instrumen lain. Atau bahkan beralih ke kegiatan yang berbeda sama sekali.

2. Beri Anak Waktu Bersosialisasi
Dengan cara ini anak bisa saling menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya ke teman-teman di lingkungannya. Beri anak dan temannya berbagai permainan anak untuk merangsang mereka saling bercerita mengenai kegemarannya serta hal-hal yang disukai.

Mengamati kebiasaan anak saat bersosialisasi dengan teman-temannya, bisa jadi cara alternatif mengetahui bakat anak. Ingat, bakat bukan hal yang selalu berkaitan dengan akademik atau olahraga namun bisa juga dalam bentuk kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang.

Baca juga Talent Camp 2019

3. Amati Perilaku yang Muncul pada Anak
Orang tua harus peka terhadap berbagai perilaku yang ditunjukan anak. Dengan begini kita bisa dapat banyak petunjuk untuk mengenali bakat anak. Perilaku seru sendiri adalah tanda anak sangat nyaman dan menikmati apa yang ia lakukan. Dari sini bisa dilihat, apa sih sesuatu yang bikin anak happy dan nyaman. Ciri-ciri perilaku sendiri antara lain anak merasa asyik melakukan sesuatu, cepat mempelajari hal yang dia lakukan, puas, serta ada hasrat ingin mengulang kegiatan itu. 

Holiday Camp 2019
Poster Talent Explore Holiday Camp 2019

Posting Komentar

0 Komentar